PKS Harap Indonesia Lakukan Langkah Strategis untuk Dorong Kemerdekaan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:52 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Syahrul Aidi Mazaat. (SinPo.id/Dok. DPR)
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Syahrul Aidi Mazaat. (SinPo.id/Dok. DPR)

SinPo.id -  Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Syahrul Aidi Mazaat, yang sekaligus merupakan Ketua GKSB, meminta agar Indonesia untuk membuat langkah strategis sebagai upaya menghentikan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap masyarakat Palestina.

"Indonesia harus melakukan langkah strategis taktis dalam upaya menghentikan dengan segera kejahatan kemanusiaan Israel kepada Palestina sebagai target jangka pendek dan terus mendorong kemerdekaan Palestina," kata Syahrul dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa 31 Oktober 2023.

Terlebih proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia, IR Sukarno juga selalu tegas memberikan dukungan kepada Palestina dan menolak pengakuan terhadap negara Israel. Selain itu, Indonesia juga memiliki hutang kepada Palestina, karena Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 mengatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Namun selama Palestina belum merdeka, maka salah satu tujuan bangsa Indonesia tidak akan pernah tercapai," terangnya.

Syahrul menjelaskan bahwa saat ini Palestina tidak hanya kehilangan nyawa, tetapi juga kehilangan banyak fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit yang dibangun oleh rakyat Indonesia. Bahkan gedung-gedung pemerintahan, masjid, gereja, dan pasar juga hancur dalam serangan Israel.

"Yang paling miris adalah Menteri Pendidikan di jalur Gaza mengumumkan bahwa tahun pendidikan 2023-2024 ini telah berakhir karena seluruh siswa mereka telah terbunuh oleh Israel," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap Indonesia dapat membuat langkah strategis untuk menghentikan penderitaan rakyat Palestina yang saat ini mengalami bencana kemanusiaan yang menewaskan lebih dari 8 ribu orang, termasuk 3 ribu di antaranya adalah anak-anak.sinpo

Komentar: