Survei: Elektabilitas Prabowo-Gibran Bertengger Tembus di atas 40 Persen

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 08 November 2023 | 15:27 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) baru saja merilis berkenaan dengan elektabilitas pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden mengemuka di antaranya Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, serta Anies-Muhaimin Iskandar.

Hasilnya, dari 3 pasangan capres tersebut, pasangan Prabowo-Gibran masih menduduki posisi puncak dan bertengger di atas survei capai 40%.

“Posisi puncak masih diraih bertengger diatas pasangan Prabowo-Gibran 40%, posisi kedua Ganjar-Mahfud 34,3% dan di posisi terakhir yakni Anies-Muhaimin iskandar 20% dan yang belum punya pilihan 5,7%.” papar Mochammad Thoha Direktur Eksekutif Lanskap melalui Virtual Zoom, Rabu, 8 November 2023.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Elektabilitas tertinggi di 4 Provinsi diraih oleh pasangan Prabowo-Gibran. Tingginya Elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran disebabkan oleh sejumlah faktor.

“Pasangan ini (Prabowo-Gibran) dipandang representatif konsolidasi ‘Prabowo-Jokowi’. Arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir mendukung paslon ini.” tulis rilis survei Lanskap

Kemudian, Paslon Prabowo-Gibran juga merepresentasikan konsolidasi atau kolaborasi ‘Generasi Tua-Muda’.

“Ada pengakuan dan kebijaksanaan Prabowo kepada Generasi Muda untuk ikut serta/terlibat/berkolaborasi dalam membangun negara bangsa melalui politik (alih generasi).” lanjutnya

“Kemudian, faktor tampilan personal Prabowo dalam sosok yang sopan, santun, ramah, terbuka, merangkul dan lebih egaliter dinilai juga mendatangkan daya tarik elektoral yang kuat.” tutupnya.

Survei Lanskap ini dilakukan pada periode 26 Oktober-2 November 2023 dengan total 880 responden dan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Adapun, Margin of Error survei ini kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan 95%.
[08/11, 15:25] Andi Muhammad Rezaldy SINpo: *Prabowo Ungkap Rencana Beasiswa Tambahan untuk Mahasiswa Palestina*

*Prabowo Soal Beasiswa untuk Mahasiswa Palestina : Kami Siap Menambahnya*


*Jakarta* - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkap rencana penambahan beasiswa bagi para calon mahasiswa Palestina untuk menempuh pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Hal itu disampaikan Prabowo usai menghadiri acara "Penyerahan Calon Mahasiswa Asal Palestina Penerima Beasiswa Kemhan RI dari Dubes Palestina kepada Menhan RI"  di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (8/11).

"(Beasiswa) ini baru tahap pertama dan kami siapkan untuk tahun akan datang, sesuai dengan permintaan mereka (Palestina) kita siap untuk menambah beasiswa ini," ungkap Prabowo.

Jumlah calon mahasiswa Palestina yang mendapat beasiswa ini sebanyak 22 orang. Mereka, kata Prabowo, akan berada di Indonesia selama 5 tahun, 1 tahun kursus bahasa Indonesia dan 4 tahun untuk menempuh pendidikan S-1.

"Kita berkomitmen untuk terus mendukung Palestina. Jika Palestina ingin mengirimkan kadet (mahasiswa) lagi, sesuai dengan kapasitas kita, kita bersedia menerima lagi kadet dari Palestina _at all levels_," kata Prabowo.

" _Your excellency_, di waktu terberat Anda, masa sulit Anda, masyarakat Indonesia akan selalu ada buat masyarakat Palestina," sambungnya.

Selama menempuh pendidikan di Unhan RI, puluhan pemuda dan pemudi Palestina itu akan belajar di sejumlah program studi, seperti kedokteran, farmasi, teknik listrik, teknik mesin, dan teknik informatika.

"Ini adalah komitmen pemerintah Indonesia, rakyat Indonesia untuk mendukung perjuangan Palestina mencapai kemerdekaan mereka," ujar Prabowo.

"Kami yakin 22 kadet ini nanti akan berhasil untuk bekerja pada rakyat Palestina dan pada saatnya menjadi pemimpin-pemimpin di Palestina," pungkasnya.

Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun turut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Prabowo serta pemerintah Indonesia atas beasiswa ini. Menurutnya, beasiswa ini menjadi dukungan bagi Palestina untuk meraih kemerdekaan.

"Pada kesempatan ini, penghormatan setinggi-tingginya kami haturkan kepada Bapak Presiden Jokowi dan juga Bapak Menhan Prabowo Subianto, dan juga kepada bangsa Indonesia yang telah menyerahkan dan mendukung rakyat Palestina, terutama di Gaza," kata Dubes Palestina.
[08/11, 15:25] Andi Muhammad Rezaldy SINpo: *Survei Lanskap Head to Head: Prabowo-Gibran Menang 52,5% vs Ganjar-Mahfud*

Jakarta — Simulasi 2 nama atau Head to Head antara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud dimenangkan atas Prabowo-Gibran raup 52,5% responden.

Hal itu diungkap oleh Direktur Lanskap Mochammad Thoha dalam temuan rilis survei teranyarnya berkenaan dengan ‘Hasil Survei Kecenderungan Peta Dukungan Pemilih di Empat Provinsi Pulau Jawa terhadap Kepemimpinan Nasional 2024’ melalui Virtual Zoom, Rabu (8/11).

“Pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang Pemilu dengan skor 52,5% mengalahkan Ganjar-Mahfud yang mencapai 40,4% sementara belum punya pilihan sebanyak 7,1%.” ujar Mochammad Thoha

Survei Lanskap ini dilakukan pada periode 26 Oktober-2 November 2023 dengan total 880 responden dan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Adapun, Margin of Error survei ini kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan 95%.
[08/11, 15:25] Andi Muhammad Rezaldy SINpo: *Head to Head Survei Lanskap: Prabowo-Gibran 55,9% Menang Telak Lawan Anies-Imin*

*Simulasi 2 Nama Putaran ke Dua Pilpres, Prabowo-Gibran Menang Telak lawan Anies-Imin*

Jakarta — Head to Head Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) antara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran lawan Anies-Muhaimin Iskandar terungkap bahwa Prabowo-Gibran memenangkan kontestasi Pilpres.

Pada saat responden diajukan pertanyaan perihal ‘seandainya, pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dan berlangsung dalam dua putaran siapakah dari dua pasangan tersebut yang anda pilih?’

“Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran kembali akan keluar sebagai pemenang pemilu dengan skor 55,9% mengalahkan Anies-Muhaimin.” papar Mochamad Thoha Direktur Eksekutif Lanskap

Survei Lanskap ini dilakukan pada periode 26 Oktober-2 November 2023 dengan total 880 responden dan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Adapun, Margin of Error survei ini kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan 95%.sinpo

Komentar: