Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Digelar 13 November 2023

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 09 November 2023 | 12:51 WIB
Utut Adianto (Sinpo.id/DPR)
Utut Adianto (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto mengamini uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon tunggal Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto segera dilakukan. Uji kelayakan dijadwalkan pada Senin, 13 November 2023.

"Kalau desainnya rencananya Senin. Senin, itu tanggal 13 November. Rencana," ujar Utut kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

Kendati begitu, Utut mengatakan rencana tersebut masih harus dibahas lebih lanjut. Sebab, DPR kerja dengan cara bersama.

"Iya tadi rencananya, tapi inikan mesti intern lagi, jadi kepemimpinan di DPR ini kan kolektif kolegial, kami selaku pemimpin ya menyanyakan anggota," katanya.

Sementara itu, KSAD Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan kesiapannya dalam menghadapi uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon tunggal Panglima TNI. Jenderal Agus telah mempersiapkan visi dan misinya sebagai calon Panglima TNI dalam uji kepatutan dan kelayakan tersebut.

"Ya pasti ada ya, mungkin ada visi dan misi yang mungkin saya sampaikan. Tentunya untuk kebaikan TNI, bagaimana TNI di dalam, bagaimana tugas TNI dengan mengaplikasikan kepada masyarakat. Yang jelas lingkupnya untuk NKRI, sesuai tugas pokok kita TNI," kata Agus beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan Surat Presiden (Surpres) terkait penunjukan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI baru menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Saat ini, Surpres itu tengah diproses Parlemen. DPR RI tengah mengatur jadwal uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.
sinpo

Komentar: