Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023 di TMP Kalibata

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 10 November 2023 | 10:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat, 10 November 2023.

Jokowi menjadi Inspektur Upacara pada peringatan tersebut. Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, sirine dibunyikan untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Usai mendengarkan sirene, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin Jokowi.

Setelah itu, Jokowi terlihat meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan. 

Ma'ruf Amin juga turut menaburkan bunga sebagai rangkaian upacara. Mereka melakukan tabur bunga di beberapa makam yang ada di TMP Kalibata.

Upacara peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri beberapa pejabat negara, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kemudian Menteri Koperasi Teten Masduki, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

sinpo

Komentar: