Kapolri Tak Hadiri Raker dengan Komisi III, Legislator Minta Rapat Ditunda

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 15 November 2023 | 12:39 WIB
Rapat Komisi III DPR dengan Polri (SinPo.id/ Ashar)
Rapat Komisi III DPR dengan Polri (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan, mempertanyakan ketidakhadiran Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam rapat kerja (Raker) yang membahas tentang persiapan pengamanan dan penegakan hukum dalam rangka Pemilu 2024, beserta anggaran yang menyertainya.


“Untuk acara yang begini penting, kenapa yang datang Kabaharkam? Harusnya Kapolri yang hadir. Kesimpulan rapat yang kita buat nanti, harusnya bisa dilaksanakan Kapolri. Jadi, saya usulkan, rapat ini kita tunda menunggu Kapolri bisa hadir,” kata Trimedya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 15 November 2023.

Menurutnya, baru kali ini Raker Komisi III yang membahas Pemilu, hanya dihadiri oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mohammad Fadil Imran. Bahkan, dalam buku materi Kapolri yang akan dipaparkan di Komisi III, pada halaman 74 juga tidak terdapat tanda tangan Kapolri sebagaimana lazimnya.

“Kok istimewa sekali Kapolri sekarang. Kecuali, saudara ketua sampaikan, akan ada rapat lagi dengan Kapolri menjelang Pemilu. Kita lihat (di rapat kerja) Komisi I itu langsung Panglima TNI-nya (hadir),” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto, yang memimpin rapat tersebut mengatakan kehadiran Kabaharkam sudah tepat untuk mendengarkan detil Pemilu 2024 dari aspek pengamanan terlebih dahulu. Baru, setelah Raker ini, Komisi III akan menggelar rapat kembali khusus dengan Kapolri.

“Akan ada sebelum Pemilu nanti rapat dengan Kapolri. Jadi nanti putusannya yang detil dengan Beliau (Kapolri), baru kita akan rapat lagi dengan kapolri atas putusan hari ini,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul tersebut.sinpo

Komentar: