Anies Baswedan Kunjungi Rumah Sejarah Rengasdengklok

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 06 Desember 2023 | 03:16 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama dengan Capres Anies Baswedan
Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama dengan Capres Anies Baswedan

SinPo.id -  Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu bersama dengan Calon Presiden (capres) Anies Baswedan mengunjungi Rumah Sejarah Djiauw Kie Siong yang berada di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin, 4 Desember 2023

Rumah milik petani keturunan Tionghoa ini menjadi saksi bisu peristiwa penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta oleh Golongan Muda pada 16 Agustus 1945 lalu. Di rumah ini pula naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan.

Rumah yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini masih dipertahankan bentuk aslinya dan dirawat oleh anak keturunan Djiauw Kie Siong. Syaikhu dan Anies pun diantar berkeliling dan mendapatkan berbagai masukan dari cucu Djiauw Kie Siong.

"Salah satu masukan dari beliau-beliau tentu pertama, perlu ada peran pemerintah dalam menjaga situs yang sangat berharga ini untuk edukasi kepada anak cucu kita yang akan datang," ungkap Syaikhu.

"Oleh karena itu, itu ditumpahkan kepada capres kita Pak Anies Baswedan, agar kalau beliau nanti ditakdirkan menjadi presiden, kiranya ada kebijakan yang bisa melestarikan situs-situs seperti ini sehingga tidak menjadi beban keluarga," lanjut Syaikhu.

Menanggapi hal itu, Anies Baswedan menyampaikan optimisme dengan rekam jejaknya ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk situs-situs sejarah di Jakarta.sinpo

Komentar: