Jokowi Berharap Kerja Sama ASEAN-Jepang Saling Menguntungkan

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 17 Desember 2023 | 16:48 WIB
Presiden Jokowi saat memimpin KTT ASEAN-Jepang (SinPo.id/ Dok. Setkab)
Presiden Jokowi saat memimpin KTT ASEAN-Jepang (SinPo.id/ Dok. Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN dan Jepang yang digelar di Hotel The Okura, Tokyo, pada Minggu, 17 Desember 2023.

Dalam pidatonya, Jokowi mengajak ASEAN-Jepang untuk mengimplementasikan kemitraan komprehensif strategis, di tengah tantangan global dan tegangan geopolitik di kawasan.

Menurut Jokowi, kemitraan ASEAN-Jepang selama 50 tahun terbukti mampu menjaga stabilitas dan perdamaian, mendekatkan masyarakat, serta menggerakkan pertumbuhan ekonomi kawasan.

"Ini harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan, dan penguatan rantai pasok," kata Jokowi dalam keterangannya di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 17 Desember 2023.

Agenda KTT ASEAN-Jepang, yang dipimpin Indonesia tahun ini memang akan fokus pada peningkatan hubungan ekonomi dan peningkatan pengaruh Cina di kawasan. 

Jepang dan ASEAN akan berkomitmen memperkuat kerja sama keamanan, termasuk keamanan maritim, menurut rancangan pernyataan akhir KTT tersebut.

“Kita semua bertanggung jawab menjaga kedamaian, stabilitas dan inklusivitas kawasan melalui penguatan habit of dialogue and cooperation,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi juga mengingatkan supaya kemitraan ASEAN-Jepang berorientasi kepada masa depan.

ASEAN mendorong Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif terus menjadi mitra terpercaya dalam mewujudkan Asia Timur dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang tangguh, dan jadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Lebih lanjut, Jokowi berharap hasil KTT ASEAN-Jepang tahun ini mendukung visi Komunitas ASEAN 2045.

“Saya berharap new generation partnership ini dapat menjadi jangkar bagi kemakmuran, perdamaian, dan stabilitas kawasan kita bersama,” tandasnya.sinpo

Komentar: