Jokowi: Kemitraan ASEAN-Jepang Jadi Penggerak Roda Perekonomian Kawasan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 18 Desember 2023 | 19:47 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Jokowi (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Dalam KTT Peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN-Jepang di Hotel Okura, Tokyo, Jepang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Jepang selama ini memegang peranan penting dalam dinamika perdagangan di kawasan. 

Tercatat pada tahun 2022, total nilai perdagangan ASEAN-Jepang mencapai USD268 miliar, mewakili sekitar 7 persen dari keseluruhan angka perdagangan ASEAN di tahun sebelumnya. Jepang juga merupakan investor asing terbesar kedua di ASEAN pada tahun 2022 dengan investasi sebesar USD26,7 miliar.

“Lima dekade kemitraan ASEAN-Jepang telah menjadi motor penggerak roda perekonomian kawasan,“ kata Jokowi, dikutip Senin 18 Desember 2023.

Dengan demikian, kemitraan ASEAN-Jepang  menjadi momentum penting dalam mempersiapkan kerja sama di masa mendatang agar kawasan dapat menjadi lebih stabil dan tangguh di tengah dinamika geo politik dan geo ekonomi yang sangat dinamis.

Selain itu, kata Jokowi, kemitraan ASEAN-Jepang akan diarahkan pada dua prioritas, yakni penguatan ketahanan pangan dan energi, serta percepatan transformasi digital, yang diprioritaskan pada program up-skilling dan re-skilling, dan penguatan infrastruktur konektivitas digital.

“Kemitraan ASEAN-Jepang harus berorientasi bagi masa depan rakyat dan kawasan.  Untuk mewujudkannya, kerja sama harus inklusif libatkan pebisnis, masyarakat, dan generasi muda dalam bangun sense of ownership,“ pungkasnya.sinpo

Komentar: