Jokowi Yakin Penegak Hukum akan Proses Temuan PPATK soal Dana Kampanye Ilegal

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 19 Desember 2023 | 13:32 WIB
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dugaan dana kampanye ilegal.

Jokowi yakin temuan uang gelap yang keluar jelang Pilpres 2024 itu akan diproses oleh penegak hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Ya semua yang ilegal dilihat saja. Sesuai dengan aturan ya, pasti ada proses hukum," kata Jokowi pada wartawan usai meresmikan Jembatan Otista, di Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 19 Desember 2023.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima surat informasi adanya temuan transaksi janggal dari PPATK pada Selasa, 12 Desember 2023. 

Jumlah transaksi gelap itu disebut mencapai lebih dari Rp500 miliar. Dalam keterangannya PPATK menjelaskan transaksi keuangan yang mereka analisis tersebut berpotensi digunakan untuk penggalangan suara.

PPATK mengungkap transaksi ilegal itu ditemukan usai pihaknya mendapatkan dan mengikuti data Daftar Calon Tetap (DCT) peserta Pemilu 2024.

PPATK telah melacak transaksi mencurigakan di lebih dari 6.000 rekening peserta pemilu dan pengurus partai yang nilainya triliunan rupiah.sinpo

Komentar: