BNPB Soal Gempa di Garut: Sembilan Kabupaten dan Kota Terdampak

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 28 April 2024 | 12:19 WIB
Sembilan kabupaten dan kota terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat. (SinPo.id/BNPB)
Sembilan kabupaten dan kota terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat. (SinPo.id/BNPB)

SinPo.id - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29 WIB.

Sebanyak 10 wilayah di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang. 

"Akibat gempa yang mengguncang ini sedikitnya empat orang mengalami luka-luka," kata Abdul melalui keterangan tertulisnya, Minggu 28 April 2024.

Dari jumlah angka tersebut, tiga di antara yang terluka berada di Kabupaten Garut, sementara satu orang lainnya yang mengalami luka berada di Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan laporan juga menyebut total rumah yang rusak akibat gempa berjumlah 27 unit. 

"Rincian berdasarkan tingkat kerusakannya meliputi 4 unit rumah rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), 5 unit rumah rusak ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak. Dari total jumlah tersebut kerusakan sebagian besar berada di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut," paparnya.

Di samping itu, kata Abdul, selain tempat tinggal atau rumah, bencana gempa bumi tersebut juga mengakibatkan kerusakan pada bangunan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah, dan sarana kesehatan.sinpo

Komentar: