Dorong Pertumbuhan Ekonomi, LPEI Komitmen Dukung Proyek Strategis di Sektor Pariwisata

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 21 Desember 2023 | 10:29 WIB
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). (SinPo.id/Setkab)
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) berkomitmen untuk terus mendukung proyek-proyek strategis guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya dalam sektor pariwisata.

Dengan berkolaborasi dengan lembaga keuangan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk, Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), menegaskan komitmennya untuk mendukung pengembangan kawasan Marina Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Adapun dukungan yang diberikan, yakni berupa fasilitas pembiayaan dan penjaminan kredit (blended financing) dengan total Rp1,05 triliun kepada PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO). 

“Ini adalah bukti pemerintah melalui Kemenkeu bahwa negara hadir untuk membangun ekspor Indonesia termasuk yang berbasis pariwisata," kata Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U. Norhadi, dikutip Kamis 21 Desember 2023.

Pasalnya, kawasan Marina Labuan Bajo dinilai memiliki potensi developmental impact yang tinggi, terutama dalam peningkatan devisa dari para wisatawan mancanegara yang memberikan multiplier effect terhadap industri terkait, khususnya pelaku UMKM yang berada di kawasan tersebut.

Sementara pembiayaan dan penjaminan kredit tersebut termasuk dalam penugasan khusus kepada LPEI untuk menyediakan pembiayaan ekspor, khususnya dalam mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Penugasan khusus tersebut juga diterbitkan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 272/KMK.08/2022 pada tanggal 5 Juli 2022, dan merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Surat Nomor S-1015/MBU/12/2023 tanggal 22 Desember 2021.sinpo

Komentar: