Ma'ruf Klaim Indonesia Berhasil Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi Sepanjang 2023

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Januari 2024 | 19:58 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/ Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin, menyampaikan sepanjang tahun 2023 Indonesia telah berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang baik, dan terus dapat melanjutkan agenda-agenda strategis nasional, di tengah berbagai tantangan ekonomi global.

Hal itu ia sampaikan dalam pembukaan sekaligus peresmian perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2024 pada hari ini, 2 Januari 2024.

“Selain stabilitas pasar modal yang terjaga, pertumbuhan positif nampak dari meningkatnya aktivitas perdagangan, penghimpunan dana serta jumlah investor retail pasar modal yang kini mencapai 12 juta lebih mengindikasikan adanya partisipasi masyarakat yang kian baik," kata Ma'ruf.

Selain itu, ia berharap prestasi bursa efek dapat memberi suntikan optimisme yang lebih besar lagi bagi pelaku pasar modal maupun masyarakat luas, dengan eksekusi strategi dan kebijakan yang tepat.

Lebih lanjut, Ma’ruf memaparkan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memajukan pasar modal Indonesia, seperti meningkatkan inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam memberikan layanan kepada para investor, optimalisasi pengembangan potensi pembiayaan melalui pasar modal, serta memperluas jejaring dan meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan. 

“BEI diharapkan mampu meningkatkan likuiditas perdagangan saham, termasuk aktivitas perdagangan saham dan frekuensi transaksi, serta senantiasa mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparansi dan tata kelola yang baik," terangnya.

Sementara itu, Ma'ruf juga memberikan apresiasi kepada segenap pemangku kepentingan pasar modal Indonesia atas pencapaian kinerja yang tinggi. Dengan demikian, Bursa Efek Indonesia tahun 2024 diharapkan dapat lebih optimis, penuh semangat, dan kerja keras untuk pembangunan negeri.sinpo

Komentar: