Menparekraf Nilai Digitalisasi Penting untuk Dorong UMKM Naik Kelas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 21 Desember 2023 | 11:25 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (SinPo.id/Dok. Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (SinPo.id/Dok. Kemenparekraf)

SinPo.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, digitalisasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam upaya mendorong UMKM naik kelas sekaligus menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat.

"Karenanya digitalisasi ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para pelaku UMKM untuk dapat naik kelas," kata Sandiaga, dikutip pada Kamis, 21 Desember 2023.

Terlebih, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi sebesar 70 persen dalam usia produktif, yakni 15-64 tahun pada tahun 2045. Sehingga, UMKM nantinya akan memiliki peranan besar dalam mengkapitalisasi bonus tersebut untuk menyerap tenaga kerja.

"Dengan digitalisasi, ekonomi kita akan semakin efisien dan semakin bernilai tambah. Dan target kita untuk bisa mengkapitalisasi bonus demografi dalam lima hingga 10 tahun ke depan bisa diakselerasi oleh digitalisasi di sektor UMKM," paparnya.

Sementara di sektor ekonomi kreatif sendiri, kata Sandiaga, terdapat tiga subsektor dengan kontribusi terbesar yakni kuliner, kriya, dan fesyen. Bahkan nilai dari kontribusi subsektor kuliner sendiri mencapai lebih dari 40 persen. 

Oleh karena itu, ia berharap kolaborasi antara pemerintah bersama swasta dan pihak-pihak lainnya dapat terus mendukung pengembangan UMKM sebagai tulang punggung peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja masyarakat. Tentunya dengan prinsip-prinsip ekonomi hijau dimana digitalisasi ada di dalamnya.

"Pelaku UMKM harus dapat terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan semangat gerak cepat, gerak bersama dan garap semua potensi termasuk online yang ada di depan kita," pungkasnya.sinpo

Komentar: