Pemerintah Komitmen Salurkan BLT Bagi Kelompok Rentan yang Terdampak El Nino

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 25 Desember 2023 | 15:57 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dari kelompok rentan yang terdampak El Nino.

Pasalnya, memasuki penghujung tahun 2023, kondisi perekonomian global masih dibayangi dengan berbagai tantangan dan ketidakpastian termasuk fenomena anomali cuaca El Nino yang harus terus diwaspadai. 

Terlebih El Nino juga menyebabkan kekeringan, kurangnya air bersih, gagal panen, serta kebakaran hutan dan lahan, yang berdampak secara signifikan terhadap harga bahan pokok. Sehingga pemerintah perlu memberikan bantuan sebagai penyangga.

“Jadi kenapa kita berikan, karena tadi kering terus maka kita antisipasi harga-harga akan ada kenaikan tapi Alhamdulillah Pemerintah bisa jaga harga beras realtif stabil, minyak goreng stabil," kata Airlangga, dikutip Senin, 25 Desember 2023.

Dengan total anggaran mencapai Rp7,52 triliun, BLT El Nino telah disalurkan oleh Pemerintah mulai bulan November hingga Desember 2023 dengan besaran Rp400 ribu per 2 bulan atau Rp200 ribu per bulan.

Penyaluran BLT El Nino menyasar kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk Kota Yogyakarta tercatat memiliki 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp9,12 miliar.

Secara keseluruhan hingga 21 Desember 2023, BLT El Nino telah disalurkan sejumlah Rp6,72 triliun atau mencapai 89,36 persen dan sebesar Rp795 juta bantuan sedang dalam proses penyaluran, sehingga diharapkan pada akhir tahun 2023 seluruh bantuan tersebut telah dapat tersalurkan dengan tepat sasaran.

Sementara itu, untuk memastikan penyaluran BLT ke masyarakat dapat tepat sasaran, pemerintah menggandeng PT Pos Indonesia yang memiliki jaringan di setiap kota atau kabupaten. sinpo

Komentar: