Tungku Smelter PT ITSS Meledak, DPR Minta Operasional Dihentikan Sementara

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 25 Desember 2023 | 19:23 WIB
Ledakan di PT ITSS (SinPo.id/ Tangkapan layar)
Ledakan di PT ITSS (SinPo.id/ Tangkapan layar)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Yulian Gunhar, meminta agar perusahaan smelter PT Indonesia Tsinghan Stainless Steel (ITSS) pengolah nikel di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP), untuk menghentikan operasional sementara, setelah terjadinya ledakan pada tungku smelter.

Menurutnya, penghentian sementara itu bertujuan memudahkan pihak kepolisian menginvestigasi ledakan yang terjadi, dan memastikan keamanan operasional smelter agar kejadian serupa tidak lagi terjadi di masa depan.

"Kami dari Komisi VII DPR RI meminta kepada pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas kebakaran yang terjadi di PT IMIP, hingga ditemukan penyebab bencana yang menelan korban jiwa para pekerja itu," kata Yulian melalui keterangan tertulisnya, Senin 25 Desember 2023.

Ia menegaskan pengusutan dan investigasi menjadi suatu hal yang penting demi memastikan apakah kejadian yang merenggut sejumlah korban jiwa para karyawan perusahaan itu, akibat dari kelalaian atau akibat dari masalah peralatan yang murang layak karena tidak adanya perawatan yang dilakukan secara berkala sesuai aturan.

"Untuk itu, diperlukan investigasi menyeluruh dari pihak berwajib serta kementerian Perindustrian selaku pengawas, untuk mencari penyebab insiden yang terjadi," tegasnya.

Diketahui, ledakan terjadi pada tungku smelter milik PT ITSS hingga menewaskan 13 orang pekerja dan 22 orang pekerja teknis lainnya mengalami luka ringan dan berat. Peristiwa itu terjadi ketika tim teknis dari PT ITSS akan melakukan perbaikan terhadap salah satu tungku feronito yang ada di lantai dua gedung.

Namun pada saat tim teknis melakukan pembongkaran terhadap tungku yang dimaksud, terjadi ledakan disertai dengan semburan api yang mengakibatkan kebakaran hebat.sinpo

Komentar: