ASDP Maksimalkan Layanan Operasional di Lintasan Ketapang-Gilimanuk Jelang Akhir Tahun

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 27 Desember 2023 | 02:41 WIB
Ilustrasi pelabuhan (pixabay)
Ilustrasi pelabuhan (pixabay)

SinPo.id -  Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengatakan pihaknya akan terus memaksimalkan layanan operasional di Lintasan Ketapang–Gilimanuk, sebagai pelabuhan kedua tersibuk yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

Dalam rangka mengantisipasi puncak arus kedua jelang akhir tahun ini, ASDP juga telah mempersiapkan sejumlah strategi dan juga berkoordinasi aktif baik dengan BPTD selaku regulator dalam penentuan jadwal kapal.

Bahkan ASDP juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas jalur dari dan ke pelabuhan, demi menjaga kelancaran, keamanan dan ketertiban.

"Kami telah menyiapkan antisipasi terkait terjadinya antrian kendaraan di dalam pelabuhan, salah satunya dengan adanya screening tiket di area buffer zone, sebagai salah satu upaya delaying system. Sehingg kendaraan tidak memadati pelabuhan," kata Shelvy, Selasa 26 Desember 2023.

Kemudian sejalan dengan arahan dari Kementerian Perhubungan untuk memprioritaskan penumpang dan kendaraan penumpang, ASDP telah menyiapkan dermaga Bulusan demi mendukung pengalihan layanan bagi truk logistik, dengan rute Bulusan-Gilimanuk.

"Adapun harapannya, dengan pemisahan antara kendaraan penumpang dan barang ini dapat meningkatkan kualitas operasional dan pelayanan di Pelabuhan Ketapang," ungkapnya.
sinpo

Komentar: