DPR Minta Semua Smelter Diaudit Secara Profesional Pasca Ledakan di Morowali

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 27 Desember 2023 | 02:37 WIB
Ilustrasi ledakan (pixabay)
Ilustrasi ledakan (pixabay)

SinPo.id -  Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, meminta semua smelter untuk diaudit secara secara profesional, objektif dan menyeluruh, terutama terhadap aspek keamanan dan keselamatan kerja. Pasalnya, kecelakaan di smelter kerap kali terjadi dan mengakibatkan korban jiwa.

"Jangan sampai karena ada pertimbangan politik, Pemerintah mengabaikan aspek keamanan dan keselamatan kerja di perusahaan-perusahaan itu," kata Mulyanto melalui keterangan tertulisnya, Selasa 26 Desember 2023.

Ia juga meminta agar pemerintah memastikan kualitas barang yang selama ini dipakai untuk menunjang operasional smelter. Karena sebagian besar alat kerja di smelter-smelter adalah milik China dan diimpor dari negara tersebut, termasuk komponen terkecilnya seperti baut dan mur.

"Jangan-jangan barang dan suku cadang yang dipakai tidak memenuhi syarat yang ditentukan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Mulyanto meminta pemerintah untuk menindaklanjuti kasus tersebut agar tahu penyebab dari ledakan yang terjadi hingga ke akar masalahnya. Sehingga ke depannya tidak ada lagi kecelakaan serupa.

"Kita perlu tahu apa penyebab dari ledakan smelter tersebut, apakah karena faktor lemahnya keandalan pabrik, murni faktor kelalaian manusia, atau ada sebab-sebab lain. Pemerintah bertanggung-jawab untuk mengusut tuntas kasus ini,” katanya menambahkan.

Diketahui, terjadi ledakan hebat di smelter PT. Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah. Peristiwa itu terjadi ketika tim teknis dari PT ITSS akan melakukan perbaikan terhadap salah satu tungku feronito yang ada di lantai dua gedung.
sinpo

Komentar: