Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul dengan 46,7 Persen

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 | 09:35 WIB
Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Sinpo.id/Ashar)
Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - Survei Indikator Politik Indonesia terbaru menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan calon (paslon) lain di Pilpres 2024. Elektabilitas mereka tercatat sebesar 46,7 persen.

"Elektabilitas capres-cawapres Prabowo-Gibran 46,7 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring pada Selasa, 26 Desember 2023.

Peringkat kedua ditempati Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 24,5 persen. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menempati posisi buncit dengan elektabilitas 21,0 persen.

Menurut Burhanuddin, survei menunjukkan Prabowo-Gibran dipastikan melaju ke putaran kedua jika pilpres tak hanya satu putaran. Namun, belum bisa diprediksi siapa yang akan jadi rival Prabowo.

"Peluang keduanya masih terbuka seandainya Prabowo-Gibran gagal meraih 50 persen plus satu," ucapnya.

Survei melibatkan 1.217 responden. Target populasi survei adalah warga negara Indonesia berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah yang memiliki telepon.

Survei dilakukan selama dua hari, yaitu 23 dan 24 Desember 2023 dengan menggunakan kombinasi dari metode random digit dialing dan double sampling.

Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.sinpo

Komentar: