Sejumlah Negara Barat Kecam Peningkatan Produksi Uranium Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 29 Desember 2023 | 10:29 WIB
Produksi Uranium milik Iran (Sinpo.id/Gettyimages)
Produksi Uranium milik Iran (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Iran diketahui tengah meningkatkan produksi uranium untuk program nuklir di negaranya. Namun hal itu mendapatkan banyak kecaman dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat (AS), Perancis, Jerman dan Inggris.

“Kami mendesak Iran untuk segera membatalkan langkah-langkah ini dan mengurangi eskalasi program nuklirnya,” kata negara-negara tersebut dalam pernyataan bersama. Dilansir dari Anadolu Agency, Jumat 29 Desember 2023.

Berdasarkan laporan dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Iran telah meningkatkan laju produksi pengayaan uranium hingga 60 persen di Natanz dan Fordow antara Januari dan Juni 2023.

Namun menurut Iran, produksi uranium tersebut masih cukup lambat. Sehingga pihaknya akan melipatgandakan tingkat produksi bulanan pengayaan uraniumnya hingga 60 persen per bulan.

Meski demikian, Iran harus bekerja sama sepenuhnya dengan IAEA agar negara tersebut dapat memberikan jaminan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai, dan menunjuk kembali para pengawas yang ditangguhkan.

“Kami tetap berkomitmen terhadap solusi diplomatik dan menegaskan kembali tekad kami bahwa Iran tidak boleh mengembangkan senjata nuklir,” kata negara-negara barat menegaskan.sinpo

Komentar: