Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan BMMN Senilai Ratusan Juta Rupiah

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 04 Januari 2024 | 03:58 WIB
BEA CUKAI NGURAH RAI
BEA CUKAI NGURAH RAI

SinPo.id -  Bea Cukai Ngurah Rai gelar pemusnahan barang yang menjadi milik negara (BMMN), di halaman Kantor Bea Cukai Ngurah Rai pada Rabu 13 Desember 2024

"Pemusnahan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menjaga kinerja yang baik dan sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi.

Barang yang dimusnahkan berasal dari barang tidak dikuasai (BTD) yang termasuk kategori barang larangan dan pembatasan (lartas) dan barang yang dikuasai negara (BDN) hasil tegahan unit pengawasan selama periode April s.d. Oktober 2023. Seluruh barang tersebut telah ditetapkan sebagai BMMN dan mendapatkan izin untuk dimusnahkan.

“Terdapat 12  surat keputusan penetapan BMMN yang mendapat persetujuan pemusnahan. Kami perkirakan nilai barang yang dimusnahkan ialah sebesar Rp405.530.000 dan potensi kerugian negara sebesar Rp162.212.000,” rinci Mira. Turut hadir dalam pemusnahan tersebut perwakilan dari KPKNL Denpasar, PT POS Indonesia, PT Jasa Angkasa Semesta, Polres Bandara IGN, UPTD Pengelolaan Sampah Prov. Bali, Lanud IGN, dan Otban Wilayah IV.

Ia berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergi antarinstansi. "Seyogyanya kolaborasi ini dapat kita jaga agar senantiasa berada dalam irama yang selaras demi terselenggaranya fungsi pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kepabeanan dan cukai yang semakin baik,” tutup Mira.sinpo

Komentar: