Tokoh Pasukan Hizbullah Tewas dalam Serangan Israel di Lebanon

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Januari 2024 | 07:59 WIB
Foto: Kantor Media Hizbullah
Foto: Kantor Media Hizbullah

SinPo.id -  Kelompok Hizbullah Lebanon mengatakan, salah satu komandannya Wissam Tawil, dilaporkan tewas dalam serangan Israel di Lebanon selatan. Ia merupakan anggota pasukan elit Radwan Force, dan salah satu tokoh Hizbullah paling terkemuka yang terbunuh dalam perang.

"Dua orang tewas dalam serangan udara Israel yang menargetkan sebuah mobil di daerah al-Dabsha di Khirbet Selim sekitar pukul 10:15 (08:15 GMT) pada Senin. Serangan itu menyebabkan kendaraan keluar dari jalan dan terbakar," kata Kantor Berita Nasional Lebanon. Dilansir dari BBC, Selasa 9 Januari 2024.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan salah satu korban tewas dalam serangan mobil itu adalah Wissam Tawil yang merupakan wakil kepala unit di Pasukan Radwan Hizbullah, dan dianggap sebagai pasukan khusus kelompok tersebut. Sedangkan korban tewas satunya adalah seorang pejuang Hizbullah.

Berdasarkan pernyataan dari sumber lain yang tidak sebutkan namanya, Tawil memiliki peran utama dalam mengelola operasi Hizbullah di selatan Lebanon.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian tentang peran Tawil di Hizbullah, namun kelompok tersebut menerbitkan foto-foto yang menunjukkan dia berjabat tangan dengan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, dan duduk di sebelah mendiang jenderal Iran Qasem Soleimani, yang terbunuh dalam serangan Amerika Serikat (AS) di Irak pada tahun 2020.

Selain mengumumkan kematian Tawil, kelompok Hizbullah juga mengumumkan bahwa para pejuangnya telah menembaki pasukan Israel di daerah Shtoula di Israel utara dan di daerah Peternakan Shebaa/Gunung Dov yang disengketakan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.sinpo

Komentar: