Gempa M 6,7 Guncang Pulau Karatung, Talaud, Sulawesi Utara

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 09 Januari 2024 | 08:29 WIB
Gempa M 6,7 guncang Sulut (SinPo.id/Dok BMKG)
Gempa M 6,7 guncang Sulut (SinPo.id/Dok BMKG)

SinPo.id - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 terjadi di sebelah Barat Laut Pulau Karatung, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara pada Selasa dini hari pukul 03:48 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dipantau dari laman resminya menginformasikan titik koordinat gempa berada di 4,92 Lintang Utara (LU), 126,33 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 56 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di laut 85 km sebelah Barat Laut Pulau Karatung, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 97 km arah Barat Laut Kota Melonguane, Sulawesi Utara.

"Kedalaman 97 km," imbuhnya.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, dia memaparkan gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (oblique thrust).

Gempa ini dirasakan di Kota Kep. Sangihe dan Kep. Talaud dengan skala intensitasskala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Selain itu, gempa juga dirasakan di Bitung, Halmahera Utara, dan Manado dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.sinpo

Komentar: