Tim SAR Gabungan Temukan Pemancing yang Tenggelam di Muara Baru

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 15 Januari 2024 | 23:26 WIB
Evakuasi korban tenggelam di Muara Baru (SinPo.id/ Dok. Bakamla)
Evakuasi korban tenggelam di Muara Baru (SinPo.id/ Dok. Bakamla)

SinPo.id - Bakamla RI bersama dengan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari personel Bakamla RI, TNI-Polri, Basarnas, BPBD DKI Jakarta, dan Baznas berhasil mengevakuasi seorang pemancing yang mengalami kecelakaan. Korban tenggelam di Tanggul Pemecah Ombak Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan Jakarta, Senin, 15 Januari 2024.

Mulanya, Juru Mudi RHIB 87-07, Sertu Bakamla Satriyo Wibisono menerima laporan kehilangan seorang warga bernama Andi Rusli. Pemuda 20 tahun itu tinggal di Rusun Muara Baru, Penjaringan.

Berdasarkan laporan tersebut, awalnya korban hendak pergi memancing bersama seorang temannya, Evan (18). Namun Andi yang memiliki riwayat penyakit epilepsi tidak diperkenankan untuk turut bergabung.

"Meskipun demikian, Andi tetap menyusul, dan ketika sampai di tanggul pemecah ombak ujung sekitar pukul 15.00 WIB, penyakit Andi kambuh tiba-tiba. Evan berusaha menolong, tetapi korban terjatuh ke dalam air laut dan menghilang," ujar Satriyo dalam keterangannya.

Setelah menerima laporan tersebut, kata Satriyo, Tim SAR gabungan langsung melaksanakan pencarian visual darat dan laut menggunakan satu unit perahu LCR (Basarnas), satu unit perahu RIB (Bakamla), dan Gancu hingga pukul 21.00 WIB. Sehubungan dengan situasi dan cuaca tidak memungkinkan, pencarian dihentikan sementara.

"Proses pencarian dilanjutkan pada Senin, dan pukul 09.30 WIB, dengan kedalaman air 6 meter dan jarak ditemukan 15 meter dari lokasi awal korban hilang," jelasnya.sinpo

Komentar: