Basarnas Kerahkan 100 Personel Cari Warga Taiwan yang Hilang Akibat Speedboat Terbalik

Oleh: Mufit
Selasa, 12 Maret 2024 | 17:18 WIB
Ilustrasi tim sar mencari korban (Foto/Freepik)
Ilustrasi tim sar mencari korban (Foto/Freepik)

SinPo.id - Basarnas beserta tim gabungan pencarian kembali turun untuk mencari warga negara Taiwan yang hilang, pasca terbaliknya Speedboat KM Parikudus di Perairan Pulau Rambut, Kepulauan Seribu Selatan.

Kasiop Basarnas DKI Jakarta Agung Priambodo mengatakan pihaknya telah mengerahkan 80 sampai 100 personel pada proses pencarian WN Taiwan itu. 

"Pencarian dimulai pukul 07.00 WIB (tadi), untuk personel sekitar 80-100 yang terlibat pencarian," kata Agung kepada wartawan, Selasa 12 Maret 2024.

Selain itu, pada proses pencarian akan dilakukan penyelaman pada sekitar area kejadian. Dilanjutkan penyisiran mulai dari lokasi kejadian ke arah timur dan arah selatan.

Pada proses ini, Basarnas mengerahkan tujuh unit kapal, di antaranya milik Basarnas sendiri, TNI AL, kepolisian, Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Sudin Gulkarmat Kepulauan Seribu, Asha Resort dan lainnya.

Agung mengaku belum mendapat kesulitan pada proses pencarian. Sebab, keadaan cuaca masih mendukung kelancaran proses pencarian.

"Sampai saat ini belum ada kendala (terkait proses pencarian)," tambahnya.

Untuk diketahui, Kapal KM Parikudus terbalik di Perairan Pulau Rambut, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, pukul 15.30 WIB, pada Senin, 11 Maret 2024.

Disebutkan sebanyak 35 orang menjadi korban dalam kecelakaan laut  tersebut. Adapun rinciannya yaitu 32 penumpang dan 3 anak buah kapal (ABK). 

Kepala Seksi Operasi (Kasiops) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) DKI Jakarta Agung Priambodo menyebut 32 penumpang itu terdiri dari 5 WN China, 4 WN Taiwan, 1 WN korea dan 22 WN indonesia.

"34 penumpang selamat dan 1 penumpang ( WN Taiwan) belum ditemukan," kata Agung dalam keterangannya, Senin 11 Maret 2024.

Kondisi cuaca buruk dan gelombang laut tinggi yang membuat KM Parikudus diterjang ombak tinggi dan membuatnya terbalik.sinpo

Komentar: