Jokowi Groundbreaking Masjid Negara IKN, Nilai Konstruksi Capai Rp 940 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 17 Januari 2024 | 13:16 WIB
Presiden Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Negara IKN. (SinPo.id/Youtube Setpres)
Presiden Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Negara IKN. (SinPo.id/Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan batu pertama atau groundbreaking Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dengan nilai konstruksi mencapai Rp940 miliar.

Nantinya, Masjid Negara IKN itu dapat menampung sebanyak 61 ribu orang jemaah. Jokowi mengatakan pembangunan masjid ini akan rampung di akhir 2024.

"Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti dan masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lanskap, utilitas kawasan, tentu saja jalan dan jembatan," kata Jokowi seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Januari 2024.

Jokowi menjelaskan, Mesjid Negara IKN akan menjadi bangunan yang sangat indah baik desain luar maupun interior dalamnya. Ia berharap muslim di IKN dapat beribadah dengan nyaman.

"Masjid ini tadi digambarkan di layar akan dikelilingi oleh air karena akan dibuat embung buatan. Jadi saya membayangkan masjid ini akan sangat indah dari luar dan akan sangat indah interiornya dari dalam," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Walikota Solo itu juga mengatakan, di kawasan itu juga akan didirikan gereja katedral, wihara, pura, dan klenteng. Jokowi ingin kawasan tersebut menjadi simbol toleransi dan kerukunan beragama di Indonesia.

"Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara," ucap Jokowi.

"Dan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara kita," tandasnya.sinpo

Komentar: