Rapat dengan Kemenhub, Komisi V DPR Wanti-wanti Kecelakaan Kereta Api Tak Terulang

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 18 Januari 2024 | 21:21 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw. (SinPo.id/Dok. DPR RI)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw. (SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mewanti-wanti agar kecelakaan pada moda transportasi yang memiliki jalur khusus seperti kereta api tidak terulang. KAI diminta memperbaiki sistem di tengah teknologi yang semakin maju guna mengantisipasi kejadian serupa.

Ini disampaikan Roberth dalam rapat kerja Komisi V DPR RI dengan Kemenhub, Kementerian PUPR, BMKG, BNPP/Basarnas, Korlantas Polri beserta seluruh operator transportasi nasional dan operator Jalan Tol.

"Maka ini saya mohon Pak Menteri dan jajaran tolong ini tidak boleh lagi terjadi. Begitupun kepada rakyat, Bapak (Menhub) harus bisa menjawab sistem yang harus dibuat supaya tidak bisa lagi kalau ada kereta di satu jalur yang sama, kereta itu akan berhenti. Tunjukkan itu pada rakyat, kapan sistem itu bisa dipakai," kata Roberth dalam rapat di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Politisi Fraksi Partai NasDem ini menilai sangat penting mengembalikan kepercayaan masyarakat pada moda transportasi kereta api yang nyaman.

"Supaya rakyat yang naik kereta itu merasa nyaman di dalam kereta. Katanya angkutan yang paling nyaman dari semua angkutan itu kereta api, karena dia punya jalur khusus yang tidak bisa diganggu siapapun," katanya.

Roberth menyebut kejadian kecelakaan kereta api yang terjadi pada awal 2024 merupakan kejadian yang fatal. Dia menyesalkan terjadinya kecelakaan yang dialami oleh KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang mengakibatkan 4 korban meninggal dunia, termasuk masinis.

"Masih ada terjadi kecelakaan yang fatal, tabrakan adu kepala antara kereta di jalur yang sama satu jalur. Karena itu (kecelakaan) ini tidak boleh terjadi lagi, teknologi sudah banyak yang bisa mengatasi itu semua," kata Roberth.

Beberapa kecelakaan yang melibatkan moda transportasi kereta api terjadi di Indonesia pada awal 2024. Di antaranya anjloknya kereta di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Lalu, tabrakan kereta dengan mobil pada perlintasan sebidang yang terjadi di tiga lokasi terpisah, yaitu Klaten, Banyuwangi, dan Tebingtinggi.

Termasuk, kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 5 Januari 2024.sinpo

Komentar: