Kunjungi RSUD Salatiga, Jokowi Soroti Pasien BPJS dan KIS Berdesakan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 22 Januari 2024 | 12:28 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Biro Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Biro Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga, Jawa Tengah. Ia mengecek langsung pelayanan bagi pasien pengguna BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Saya ingin lihat pelayanan rumah sakit terhadap pasien atau masyarakat yang ingin dilayani," kata Jokowi dalam keterangannya, dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 22 Januari 2024.

Jokowi mengatakan, hingga saat ini penerima KIS sudah mencapai 96 juta, sedangkan peserta BPJS saat ini sudah mencapai 267 juta. 

Dalam kunjungannya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menanyakan langsung terkait pelayanan yang diberikan rumah sakit.

"Sudah 95 persen lebih sedikit ikut, dan saya tanyakan tadi apakah ada pungutan, nggak ada. Apakah nginap pasien nginap di rumah sakit dibatasi juga tidak," ujarnya.

"Saya kira ini bagus, memang layanan masih antre itu yang perlu dipercepat tapi di semua hampir sama. Tapi tadi saya tanyakan baru 30 menit belum berjam-jam. Saya kira masih baik," tambahnya.

Namun begitu, Jokowi tetap berharap rumah sakit untuk terus meningkatkan kecepatan pelayanan supaya dapat memperpendek antrian. Selain itu juga mengoptimalkan fasilitas rumah sakit.

"Ya kecepatan pelayanan, kemudian memperpendek antrean, kemudian fasilitas RS masih tadi saya lihat antre, masih berdesak-desakan karena memang tempatnya saya lihat memang sudah tidak memadai. Tapi menurut saya adanya KIS, BPJS sangat-sangat membantu masyarakat," tandasnya.

sinpo

Komentar: