Demokrat Dukung Bawaslu Kampanyekan Pemilu Berintegritas di Medsos

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 22 Januari 2024 | 21:15 WIB
Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Jubir Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Juru bicara (jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mendukung Bawaslu RI mengampanyekan pemilu berintegritas di media sosial (medsos). Masyarakat harus diajak berpolitik cerdas.

"Kami mendukung penuh inisiatif yang dilakukan oleh Bawaslu RI. Hal ini sejalan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, agar kami, para kadernya, cerdas dan berintegritas dalam menggunakan media sosial," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, 22 Januari 2024.

Herzaky mencontohkan salah satu bentuk cerdas bermedia sosial dari Partai Demokrat. Misalnya, setiap kader diminta memakai fotonya masing-masing agar setiap sesuatu yang diposting bisa dipertanggungjawabkan.

"Satu contoh sederhana, kami diminta untuk selalu mencantumkan nama dan foto kami yang mudah dikenali di media sosial, untuk memastikan kami memiliki rasa bertanggung jawab atas tiap narasi dan substansi yang kami sebar," kata Herzaky.

Dalam kegiatan penandatanganan komitmen itu, Herzaky bersama perwakilan parpol peserta pemilu lainnya membacakan komitmen bersama dan menandatangani piagam komitmen bersama kampanye pemilu berintegritas di media sosial Pemilu 2024.

Herzaky menegaskan upaya Bawaslu RI membangun komitmen bersama ini sangatlah penting dan bisa memiliki kontribusi signifikan dalam menjaga kebebasan berpendapat, inklusivitas, antidiskriminasi, transparansi, dan akuntabilitas proses kampanye di media sosial.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.sinpo

Komentar: