KPU: Format Debat Kelima Tetap Sama Meski Ada Usulan Tanpa Penonton

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 26 Januari 2024 | 11:25 WIB
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan aturan teknis dan format debat kelima Pilpres 2024 tidak berubah meski ada usulan debat berlangsung tanpa penonton.

"Format debat, termasuk penyelenggaranya, tetap. Tetap ada tim sukses pasangan calon yang jumlahnya 75 orang. Jadi, tetap," kata Ketua KPU Hasyim As'yari dalam keterangannya, dikutip Jumat, 26 Januari 2024.

Hasyim menjelaskan pihaknya telah mengevaluasi penyelenggaraan debat keempat yang berlangsung pada tanggal 21 Januari 2024. Masing-masing pasangan calon juga telah menyampaikan catatannya dalam rapat evaluasi itu.

"Nanti juga akan ada rapat selanjutnya yang mempertemukan antara KPU, tim pasangan calon, dan pihak televisi yang akan menyelenggarakan debat," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai kehadiran penonton pada saat debat Pilpres 2024 mengganggu konsentrasi capres dan cawapres. Bawaslu pun usul agat debat berlangsung tanpa penonton.

Seperti diketahui, debat kelima yang mempertemukan tiga capres di atas panggung, menjadi sesi debat resmi terakhir yang digelar oleh KPU RI selama masa kampanye Pilpres 2024. 

Adapun debat kelima capres akan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia dan inklusi. Debat akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024.
sinpo

Komentar: