Jokowi Terima Kunjungan PM Timor Leste di Istana Bogor

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 26 Januari 2024 | 12:27 WIB
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan PM Timor Leste, Xanan Gusmao di Istana Negara (Sinpo.id/Biro Setpres)
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan PM Timor Leste, Xanan Gusmao di Istana Negara (Sinpo.id/Biro Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 26 Januari 2024.

Berdasarkan pantauan Youtube Sekretariat Presiden, Xanana dan rombongan tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 09.00 WIB. Penyambutan dilakukan sejak mobil yang ditumpanginya memasuki gerbang Istana Bogor.

Xanana disambut langsung oleh Presiden Jokowi di depan Istana Bogor. Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan pada upacara penyambutan. Dentuman meriam juga turut meramaikan upacara.

Setelah upacara berakhir, Jokowi terlihat memperkenalkan sejumlah menteri yang hadir dalam pertemuan ini. Mereka yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Direktur Jenderal Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto.

Setelah itu, Jokowi mengajak Xanana masuk ke Istana Bogor untuk melakukan sesi foto bersama dan menandatangani buku tamu.

Selanjutnya, Jokowi dan Xanana melanjutkan prosesi kunjungan dengan menanam pohon serta melakukan pertemuan bilateral.
sinpo

Komentar: