Komisi V DPR Desak DJKA Kemenhub Perbaiki Eskalator Stasiun KRL Bekasi

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 30 Januari 2024 | 21:12 WIB
Eskalator stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Bekasi, Jawa Barat mati selama berbulan-bulan. (SinPo.id/l X @PernebangRoket)
Eskalator stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Bekasi, Jawa Barat mati selama berbulan-bulan. (SinPo.id/l X @PernebangRoket)

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, mendesak Direktorat Jenderal Kereta Api Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) segera memperbaiki eskalator stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Bekasi, Jawa Barat yang mati.

Menurutnya, langkah itu harus dilakukan agar tak aktivitas masyarakat pengguna moda transportasi KRL tidak terganggu.

“Jangan menunggu lama. Segera perbaiki. Masyarakat ingin moda transportasi aman dan nyaman,” kata Irwan dalam keterangannya pada Selasa, 30 Januari 2024.

Ia juga meminta audit menyeluruh terhadap semua eskalator yang berada di stasiun KRL di Jabodetabek dilakukan. Irwan berkata, kasus esklator mati di stasiun KRL tidak boleh terjadi lagi di hari mendatang.

“Pelaksanaan audit ini untuk mengetahui sumber masalahnya. Agar tidak terjadi masalah serupa lagi,” ucap Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

Lebih lanjut, Irwan menyampaikan bakal menanyakan masalah eskalator mati di stasiun KRL ke Kemenhub dalam rapat dengar pendapat di Komisi V DPR.

“Saya akan tanyakan nanti. Ada kendala apa perbaikan itu,” demikian Irwan.

Eskalator di stasiun KRL Bekasi mendapatkan sorotan warganet lantaran mati selama hampir 100 hari.

Salah satunya, Mega (26) yang rutin membagikan kondisi eskalator Stasiun Bekasi yang mati selama hampir 100 hari melalui akun media sosial X @PernebangRoket.

Terbaru, dia mengunggah foto eskalator Stasiun Bekasi yang masih mati di hari ke-97 pada Sabtu, 27 Januari 2024. Dalam foto yang diunggah, tampak eskalator Stasiun Bekasi berhenti beroperasi ditandakan palang kuning bertuliskan, "eskalator dalam perbaikan".

"Gweh akan berenti ngepost sampe ni eskalator idup @CommuterLine @KAI121 @txtdrbekasi," tulis Mega melalui akunnya @PernebangRoket.

Pihak DJKA Kemenhub menjanjikan eskalator di stasiun KRL Bekasi akan selesai diperbaiki pada bulan depan.

"Menurut informasi dari Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jakarta, eskalator tersebut sedang dalam proses perbaikan, menunggu spare parts yang sudah dipesan," kata Kepala Humas DJKA, Anggie Dian.sinpo

Komentar: