2.304 Personel Gabungan Amankan Demo APDESI Jilid lll di DPR

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 31 Januari 2024 | 13:12 WIB
Suasana demo APDESI (Sinpo.id/Twitter)
Suasana demo APDESI (Sinpo.id/Twitter)

SinPo.id -  Polisi mengerahkan 2.304 personel gabungan untuk mengamankan aksi Asosiasi Kepala Desa (APDESI) jilid lll di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, pada Rabu, 31 Januari 2024.

"Dalam pengamanan ini kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Rabu, 31 Januari 2024.

Menurut Susatyo, ribuan personel keamanan nantinya akan ditempatkan di sekitar Gedung DPR untuk mencegah massa masuk ke dalam gedung ataupun menutup jalan tol yang berada di depan Gedung DPR.

"Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan gedung DPR. Pemadam Kebakaran sudah kami siapkan untuk mengantisipasi bila nanti massa melakukan aksi bakar ban," ungkap dia. 

Lebih lanjut, dia menyebut, penutupan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR nantinya bersifat situasional. Sesangkan rekayasa arus lalu lintas juga akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan

"Bila nanti di depan DPR massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua,"ujar Susatyo. 

Sebagai informasi, APDESI menggelar aksi bersama desa jilid III untuk menuntut revisi UU Desa.

Hal tersebut untuk menindaklanjuti perjuangan pada aksi bersama desa jilid II yang mendesak disahkannya Revisi UU Desa pada 5 Desember 2023.sinpo

Komentar: