SIDANG PHPU MK

Amankan Demo di Depan MK, Polisi Terjunkan 3.315 Personel Gabungan

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 16 April 2024 | 16:50 WIB
Pengamanan di Gedung MK (SinPo.id/ Tio Pirnando)
Pengamanan di Gedung MK (SinPo.id/ Tio Pirnando)

SinPo.id - Polisi menerjunkan sebanyak 3.315 personel gabungan untuk mengamankan aksi demonstrasi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, pada Selasa, 16 April 2024, hari ini. 

"Total ada 3.315 personel gabungan yang akan mengawal dan mengamankan aksi hari ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan.

Terkait rekayasa lalu lintas, Susatyo mengatakan bakal bersifat situasional jika terjadi eskalasi massa di lokasi aksi unjuk rasa meningkat.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif dan humanis. Dia juga meminta massa mematuhi aturan yang ada.

"Kami pun mengimbau kepada para warga masyarakat yang nantinya akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya, kemudian bagi para peserta aksi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban supaya kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan juga aman," ujarnya. 

Sebagai informasi, beredar ajakan demonstrasi bertajuk "Aksi 164 Istigasah Kubro" yang dilakukan di depan MK, Jakarta Pusat, Selasa, 16 April 2024, mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Dalam selebaran yang beredar, massa bakal menuntut MK agar memutuskan secara adil dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam selebaran tersebut terdapat catatan untuk membawa atribut ormas, majelis dan komunitas masing-masing.sinpo

Komentar: