Pemprov DKI Minta Warga Tetap Uji Emisi Meski Musim Hujan

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 01 Februari 2024 | 17:55 WIB
Uji emisi kendaraan motor (SinPo.id)
Uji emisi kendaraan motor (SinPo.id)

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menyebut masyarakat tetap perlu melakukan uji emisi kendaraan meskipun telah memasuki musim hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, antisipasi dengan melakukan uji emisi tetap perlu dilakukan, meski pun saat hujan polusi dianggap tidak ada.

"Meskipun udara Jakarta terlihat baik-baik saja saat musim hujan ini, kita berharap langkah pencegahan bisa mengantisipasi memburuknya kualitas udara serta baku mutu udara agar tetap terjaga," kata Asep dalam keterangannya, Kamis, 1 Februari 2024.

Asep menyebut, Pemprov DKI Jakarta bersama pihak pemangku kepentingan terkait terus melakukan upaya untuk melakukan langkah pencegahan serta kebijakan pendukung lain untuk mendorong tingkat pemenuhan baku mutu emisi kendaraan.

Sementara itu, berdasarkan riset Populix dan Vital Strategies yang dilakukan terhadap pengguna kendaraan di Jakarta dan wilayah sekitarnya, kesadaran masyarakat terhadap uji emisi perlahan mengalami peningkatan.

Riset tersebut dilakukan dalam mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta mengurangi tingkat pencemaran udara di ibu kota dengan menerapkan uji emisi kendaraan sebagai salah satu langkah proaktif dan tepat sasaran.

"Uji emisi menjadi fokus utama untuk menilai dan memastikan kendaraan yang beroperasi di wilayah perkotaan memenuhi standar emisi yang telah ditetapkan," tandasnya.sinpo

Komentar: