Dinas LH DKI Tambah 12 Unit Truk Pengangkut Sampah Tahun Ini

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 26 April 2024 | 23:38 WIB
Armada baru truk pengangkut sampah DLH DKI (SinPo.id/beritajakarta)
Armada baru truk pengangkut sampah DLH DKI (SinPo.id/beritajakarta)

SinPo.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menambah armada arm roll untuk pengangkut sampah sebanyak 12 unit tahun ini. Penambahan armada ini merupakan peremajaan armada untuk mendukung pengelolaan sampah di Jakarta.

Kepala Bidang Pengurangan dan Penanganan Sampah DLH DKI Jakarta, Dedy Setiono mengatakan, dengan penambahan itu, total arm roll yang beroperasi di Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 343 unit.

“143 arm roll besar dan 200 arm roll kecil,” ungkap Deddy, dalam keterangannya, Jumat, 26 April 2024.

Dedy menjelaskan, 12 unit arm roll tambahan tersebut berukuran kecil dengan kapasitas 1,5 ton. Menurutnya, penambahan armada ini dalam rangka peremajaan unit milik Pemprov DKI.

Selain itu, penambahan juga diharapkan dapat mendukung percepatan penanganan sampah serta optimalisasi pengangkutan sampah menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Khususnya untuk lokasi TPS-TPS yang menggunakan sistem bak kontainer.

“TPS dengan menggunakan metode kontainer ini menjadi salah satu metode yang lebih baik dibanding sistem tumpah/ curah di TPS, sehingga tidak mencemari lingkungan dan secara estetika mata lebih rapi” tandasnya.sinpo

Komentar: