Sebanyak 2.730 Personel Gabungan Amankan Aksi Demo APDESI di DPR Hari Ini

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 06 Februari 2024 | 12:37 WIB
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/Istimewa)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Polisi mengerahkan sebanyak 2.730 personel gabungan untuk mengamankan demonstrasi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) jilid IV di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, pada Selasa, 6 Febuari 2024, hari ini. 

"Dalam rangka pengamanan aksi bersama Desa di depan gedung DPR, kami melibatkan sejumlah 2.730 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Selasa, 6 Febuari 2024.

Menurut Susatyo, sejumlah personel tersebut terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

"Personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar DPR," tutur dia, 

Dia pun menyampaikan, kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

"Kami menghimbau kepada para korlap (koordinator laporan) dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa," ujar Susatyo. 

Lebih jauh, Susatyo mengimbau, kepada peserta aksi untuk melakukan dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum.

"Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di depan DPR," ungkap dia. sinpo

Komentar: