Kapolri Minta Masyarakat Tak Anarkis Saat Unjuk Rasa Pasca Pemilu

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 14 Februari 2024 | 21:46 WIB
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau kepada semua pihak untuk menggunakan jalur yang tepat dalam menyampaikan protes setelah proses pencoblosan Pemilu 2024.

Meski demikian, Kapolri juga mengizinkan masyarakat yang akan melakukan unjuk rasa asalkan tidak anarkis. Sigit mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban.

"Turun ke jalan boleh, namun demikian harapan kita tentunya dilakukan secara terukur, tidak anarkis, dan tidak membahayakan ataupun merugikan masyarakat ataupun orang lain," ujar Sigit di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari 2024.

Sigit menjelaskan, Polri telah melakukan langkah-langkah pencegahan yang matang sejak jauh-jauh hari untuk menghadapi Pemilu 2024. Kapolri juga mengimbau semua pihak untuk menghormati hasil apapun yang akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi saya kira yang namanya cooling system sudah kita lakukan jauh-jauh hari dengan kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait," kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini menegaskan pihaknya akan bertindak tegas terhadap segala bentuk tindakan anarkis atau pelanggaran hukum yang terjadi selama periode pasca-Pemilu.

"Sehingga kita bisa bersama-sama menjaga apa pun hasil Pemilu yang kemudian nanti ditetapkan oleh KPU ini tentunya wajib kita hormati,” tandasnya.sinpo

Komentar: