AHY Kembali Tegaskan Demokrat Tolak Usulan Hak Angket

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 07 Maret 2024 | 22:03 WIB
Ketum Demokrat AHY (SinPo.id/Ashar)
Ketum Demokrat AHY (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan partainya menolak usulan hak angket terkait dugaan kecurangan Pilpres 2024 di DPR. Demokrat menilai tak ada urgensi mengajukan hak angket.

"Tidak, kami Partai Demokrat, saya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menolak hak angket itu karena sekali lagi, pernah saya sampaikan bahwa tidak ada landasan atau urgensinya," kata AHY di Jakarta, Kamis, 7 Maret 2024.

AHY menilai pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu sudah berjalan dengan baik. Semua pihak diminta menghormati kerja penyelenggara dalam menyukseskan pemilu.

"Karena kita lihat bahwa pemilu sudah dijalankan, kita semua menghormati proses penghitungan suara yang dilakukan KPU. Tentu ada dinamika, ada yang puas, tidak puas, dan itu sebuah keniscayaan dalam pemilu, dalam demokrasi," kata dia.

AHY mengulas perolehan suara quick count pilpres dari sejumlah lembaga survei. Menurutnya, dari hasil suara yang jauh selisihnya, sulit untuk mencari adanya dugaan kecurangan.

"Tetapi kita lihat dari hasil sementara penghitungan baik di awal yang dilakukan secara quick count maupun yang terus bergerak sampai dengan nanti menuju 20 Maret, saya rasa sulit untuk mencari (dugaan kecurangan), karena jaraknya jauh sekali, jaraknya jauh dan ini sulit bagi saya menerima untuk dipertanyakan," ujarnya.

"Kalau bedanya tipis sekali, mungkin bisa dipertimbangkan dengan kritis lah. Tapi kalau jaraknya seperti ini, marginnya terlalu jauh, saya pikir tidak ada urgensinya," timpal dia.sinpo

Komentar: