Minuman Ini Harus Dihindari saat Ibadah Puasa, Salah Satunya Jus Buah

Oleh: Panji Septo Raharjo
Sabtu, 09 Maret 2024 | 13:55 WIB
Ilustrasi ibadah puasa. (Foto/Freepik)
Ilustrasi ibadah puasa. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Selain lapar, menahan dahaga pastinya jadi hal yang umum kita hadapi saat ibadah puasa Ramadan. 

Dan kondisi itu semakin berat ketika Anda memiliki aktivitas harian yang berat, dan membutuhkan tubuh harus terus terhidrasi.

Nah, untuk meminimalisir tantangan tersebut di sepanjang ibadah puasa, ada beberapa jenis minuman yan tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. 

Berikut ini beberapa jenis minuman yang perlu Anda hindari agar tak mudah haus saat menjaani kegiatan berpuasa, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu 9 Maret 2024.

1. Kopi

Kopi merupakan salah satu sajian minuman yang cukup baik untuk membangkitkan adrenalin dan energi. 

Meski demikian, minuman ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada bulan Ramadan. Pasalanya, kandungan kafein dalam kopi akan membuat Anda lebih cepat haus saat sedang berpuasa.

2. Soda

Tidak dipungkiri soda menjadi salah satu pilihan minuman yang paling sering dikonsumsi saat berbuka puasa.

Meski dapat memuaskan dahaga, namun minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang akan memicu asam lambung. Hal tersebut bisa membuat Anda sakit perut, kembung, bahkan mual jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

3. Teh

Selain air mineral, teh juga menjadi pilihan minuman yang laris dikonsumsi saat Ramadan. 

Namun, kandungan asam dari teh bisa membuat lambung kaget usai dikonsumi. Selain itu, mengonsumsi teh saat sahur juga bisa membuat Anda lebih cepat haus saat berpuasa.

4.  Jus buah

Jus buah seperti alpukat dan mangga memang menjadi sajian menyegarkan saat berbuka puasa. Namun penelitian dari Princeton University, mengungkapkan bahwa mengonsumsi jus dalam keadaan perut kosong dapat mengganggu sistem pencernaan dan usus Anda karena kadar fruktosa yang tidak bisa dicerna.sinpo

Komentar: