4 Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Oleh: Panji Septo Raharjo
Sabtu, 09 Maret 2024 | 19:10 WIB
Ilustrasi bau mulut. (Foto/Freepik)
Ilustrasi bau mulut. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Bau mulut merupakan hal yang sangat menganggu dan sering kali dikeluhkan saat menjalani ibadah puasa Ramadan. 

Meski merupakan hal yang normal, tetapi hal tersebut acap kali membuat kepercayaan diri berkurang. 

Akan tetapi, hal tersebut sangat normal karena produksi liur berkurang sehingga bakteri di mulut jadi lebih banyak. 

Walaupun sulit dihindari, namun bau mulut juga bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah agar Anda tetap percaya diri selama beribadah puasa. 

Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari bau mulut dilansir dari berbagai sumber, Sabtu 9 Maret 2024.

1. Konsumsi sayur dan buah saat sahur

Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan saat sahur dan berbuka puasa. 

Pasalnya, buah dan sayuran secara umum bisa membantu mengusir bau mulut dan meningkatkan produksi air liur. Dengan demikian, mulut Anda akan terhindar dari kotoran penyebab bau dan tetap lembap.

2. Sikat gigi dua kali sehari

Menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting agar Anda terhindar dari bau mulut. Usahakan menyikat gigi usai makan sahur dan sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menyikat gigi menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan bau mulut.

3. Membersihkan lidah

Membersihkan lidah adalah hal yang jarang orang lakukan. Padahal, membersihkan lidah merupakan upaya untuk menjaga kebersihan mulut. 

Anda bisa menyikat lidah secara perlahan dengan sikat gigi agar kuman dari sisa makanan yang menyebabkan plak dan bau mulut tidak berkembang biak.

4. Berkumur dengan mouthwash

Saat ini, produk kumur dan penyegar mulut sudah tak jarang ditemukan. 

Berkumur dengan mouthwash dapat membersihkan dan menyegarkan mulut. Cobalah untuk memilih mouthwash yang bersifat nonalkohol. 

Hal tersebut berguna agar Anda tidak merusak keseimbangan bakteri alami yang terdapat dalam mulut dan berisiko menyebabkan dehidrasi. sinpo

Komentar: