Kakorlantas Petakan Titik Persimpangan di Jalur Mudik Jabar untuk Hindari Kemacetan

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 12 Maret 2024 | 11:10 WIB
Ilustrasi masyarakat yang sedang mudik. (Foto/freepik)
Ilustrasi masyarakat yang sedang mudik. (Foto/freepik)

SinPo.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengecek jalur arus mudik di wilayah Jawa Barat bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sabtu 9 Maret 2024. Mereka mengecek jalur menuju Gerbang Tol Cisumdawu Utama, KM 153, dan Gerbang Tol Palimanan KM 188.

Irjen Aan Suhanan mengatakan dengan survei tersebut merupakan sebuah upaya memastikan pengelolaan arus lalu lintas pada saat puncak arus mudik dan balik. Semisalnya dapat menghindari titik-titik krusial yang ada di Gerbang Tol Cisumdawu.

“Ada beberapa tadi kita tinjau yang pertama gerbang tol Cisumdawu Utama ada arus yang datang dari Bandung nanti akan bertemu di Cipali KM 152, dimana Cipali ini akan terjadi bottle nack,” ujar Irjen Aan Suhanan dalam keterangannya, Selasa 12 Maret 2024.

“Dari cisumdawu ada dua lajur kemudian bertemu di Cipali ada dua lajur sehingga ini akan menjadi empat sehingga untuk memastikan pertemuan ini bisa berjalan tetap smooth sehingga perlambatan bisa dikurangi,” imbuhnya.

Ia juga mengutarakan pada KM 188 gerbang tol Palimanan juga masih menjadi titik krusial yang masih sering terjadi kecelakaan dan menjadi perhatian pada saat arus mudik-balik lebaran 2024.

“Di KM 188 ini juga krusial, ini masih ada gerbang eks Palimanan sering terjadi kecelakaan di gerbang ini sehingga menjadi perhatian kita pada saat arus mudik dan balik ini akan kelola sehingga harus tetap lancar untuk kecelakaan juga bisa kita tekan,” jelasnya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya menyampaikan, dengan adanya tinjauan diharapkan arus mudik-balik Idul Fitri 2024 berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

“Kami bersama Kakorlantas di KM 188 Cipali untuk memastikan nanti mudik berjalan dengan baik, lancar, aman dan nyaman, saya melihat bahwa kolaborasi kami berjalan dengan baik dan semoga apa yang kita laksanakan berjalan dengan lancar,” tutup Budi Karya Sumadi.sinpo

Komentar: