Banjir Jakarta

Legislator DKI Sebut Butuh Peran Aktif Bersama Antisipasi Banjir

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 14 Maret 2024 | 15:38 WIB
Banjir di Jakarta (SinPo.id/dprd dki)
Banjir di Jakarta (SinPo.id/dprd dki)

SinPo.id - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Ahmad Mardono meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan masyarakat ikut berperan aktif dalam mengantisipasi banjir. Sebab, beberapa waktu ini, hujan terus melanda wilayah Jakarta. 

"Pemerintah harus melibatkan dan meminta peran, kontribusi dan tanggung jawab seluruh stakeholder yang ada, baik warga, pengusaha, pengembang, institusi terkait daerah sekitar," kata Mardono saat dihubungi, Kamis, 14 Maret 2024. 

Selain itu, Mardono juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA) menyiapkan langkah preventif, seperti penyebarluasan informasi terkait cuaca, kondisi tinggi muka air, serta menyiapkan sarana dan prasarana seperti tenda, perahu, ring buoys, jaket, juga pelampung.

"Dinas terkait harus selalu menyiapkan langkah-langkah preventif dan antisipatif untuk dapat sigap menanggulangi juka terjadi banjir," ungkap Mardono.

Tak lupa, ia mengimbau warga yang tinggal di wilayah rawan banjir untuk turut berpartisipasi membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat hingga menyiapkan biopori atau sejenis lubang resapan agar air hujan dapat meresap ke dalam tanah dengan lebih efisien.

"Warga Jakarta harus ikut berpartisipasi aktif dalam mencegah terjadinya banjir. Seperti bersama membersihkan saluran saluran air yang tersumbat, ikut menyiapkan secara mandiri biopori, sumur resapan dan bersiap untuk mengikuti arahan pemerintah dalam antisipasi banjir demi keselamatan bersama," tukas Mardono. sinpo

Komentar: