Pengamat: Anies Berpotensi Maju Pilgub DKI Jakarta

Oleh: Panji
Sabtu, 16 Maret 2024 | 11:27 WIB
Anies Baswedan berpotensi maju Pilgub DKI Jakarta (Foto/Sinpo)
Anies Baswedan berpotensi maju Pilgub DKI Jakarta (Foto/Sinpo)

SinPo.id - Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menduga calon presiden nomor urut 02, Anies Baswedan akan kembali bertanding dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2024.

Menurutnya, hal itu merupakan upaya untuk memelihara momentum agar tetap bisa berkarier di jalan politik usai dikalahkan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

“Anies ini kan tokoh lantang luntung politik usai Pilpres 2024. Tentunya dia bisa masuk Pilgub DKI Jakarta 2024 untuk memelihara momentum,” ujar Adib kepada Sinpo.id, Sabtu, 16 Maret 2024.

Adib juga mengingatkan, Anies bukan anggota partai politik. Ia menduga Anies ingin menjaga keberlanjutan politiknya dengan mengikuti Pilgub 2024.

“Pilgub DKI Jakarta 2024 itu kan istilahnya seperti pilpres versi kw-nya. Tapi gengsi di pertarungan ini cukup tinggi juga. Kalau tidak nyagub mungkin dia tidak akan nyapres, kan gitu,” katanya.

Menurut Adib, hubungan Anies dengan Prabowo yang digadang akan menjadi presiden 2024 juga bisa terjalin kembali usai bertarung dalam Pilpres 2024.

Ia menduga keduanya bisa bekerja sama membangun pemerintahan jika Anies menjadi gubernur yang dipimpin Prabowo sebagai presidennya.

“Prabowo ini gentle orangnya dan dia mendeklarasikan ketika jadi presiden akan merangkul semua kekuatan politik atas nama rekonsiliasi, termasuk Anies,” ucapnya.

“Saya kira enggak ada masalah. Apa sih politik kita itu? Hari ini lawan besoknya kawan, enggak ada masalah sebenarnya,” imbuh Adib.

Sebelumnya, Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni juga sempat menyinggung nama Anies saat ditanya terkait siapa yang akan dicalonkan Partai Nasdem dalam Pilgub 2024.

Hal itu dia ucapkan saat ditanya siapa yang akan dalam kontestasi tersebut, dirinya atau Anies Baswedan yang akan ikut berkompetisi dalam pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta.

"Enggak tahu, Anies kali maju lagi," ujar Sahroni di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat belum lama ini.sinpo

Komentar: