KPU Siap Hadapi Sengketa Hasil Pemilu 2024 di MK

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 21 Maret 2024 | 13:56 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyatakan siap menghadapi sengketa terkait hasil Pemilu 2024 atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab KPU. 

"Kami juga harus mempersiapkan segala sesuatunya, berbagai macam potensi sengketa yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 ini," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 20 Maret 2024. 

Hasyim menjelaskan, kesiapan ini sejalan dengan bisanya peserta pemilu  mengajukan keberatan terhitung sejak hasil Pemilu 2024 ditetapkan pada Rabu pukul 22.19 WIB.

"Sejak saat itu, tiga kali 24 jam peserta pemilu yang akan mengajukan komplain, keberatan atau sengketa terhadap hasil pemilu, terhitung sejak saat itu mulai mendaftarkan diri ke Mahkamah Konstitusi," tuturnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengaku bersyukur karena hasil Pemilu 2024 telah ditetapkan. "Alhamdulillah dengan penuh rasa syukur KPU telah menetapkan hasil pemilu serentak 2024, yaitu pemilu presiden dan wakil presiden, pemilu anggota DPR, pemilu anggota DPD, pemilu anggota DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," kata Hasyim.

Hasyim juga bersyukur, lantaran setiap tahapan pemilu mulai dari pembentukan penyelenggara pemilu, hingga pemungutan suara di dalam maupun luar negeri, dapat terlaksana dengan baik. Sebab, penyelenggaraan Pemilu 2024 bukan hal yang mudah.

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, pekerjaan yang berat, dan kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama teman-teman penyelenggara pemilu di semua tingkatan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tukasnya.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres terpilih pada Pilpres 2024.sinpo

Komentar: