DPR Apresiasi KPU Tuntaskan Rekapitulasi Pemilu 2024 Tepat Waktu

Laporan: Firdausi
Kamis, 21 Maret 2024 | 13:32 WIB
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (SinPo.id/Parlementaria)
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi kerja keras Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang menuntaskan proses rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tepat waktu.

"Kami apresiasi kepada seluruh penyelenggara pemilu, baik dari KPU dan Bawaslu. Kami apresiasi tepat waktu," kata Doli kepada wartawan pada Kamis, 21 Maret 2024.

Meski begitu, Doli mengaku sempat khawatir KPU tidak bisa menyelesaikan rekapitulasi Pemilu 2024 dengan tepat waktu. 

Namun, kekhawatirannya itu dibayar lunas oleh kerja sigap para tim KPU, sehingga mampu merampungkan sesuai aturan yang ditetapkan undang-undang.

"Bahkan 20 Maret khawatir bisa gak 20 Maret selesai penghitungan suara. Alhamdulillah selesai juga," tuturnya.

Dengan rampungnya hitungan suara nasional Pemilu 2024, Doli tak mempermasalahkan banyaknya rangkaian unjuk rasa terkait hasil penolakan pemilu. 

Hanya saja, kata politisi Partai Golkar ini, para demonstran harus mengikuti aturan- aturan yang sudah diataur dalam UU. Salah satu aturan tersebut, baiknya menggugat lewat jalur MK tanpa harus terjun ke lapangan.

"Kalau aksi. Kita ini kan negera demokrasi. Silahkan saja. Tapi kalau ada kecurang ditemukan. Ditempatkan pada koridornya. Ada Bawaslu, sengketa Pilpres 2024 bisa ke MK," ucapnya.

Seperti diketahui, KPU resmi menetapkam calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prbaowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah memperoleh 96.214.691 suara.

Sementara capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan kedua dengan perolehan 40.971.906 suara.sinpo

Komentar: