Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia Vs Vietnam: Skuat Garuda Menang 1-0

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 21 Maret 2024 | 22:59 WIB
Timnas Indonesia (SinPo.id/PSSI)
Timnas Indonesia (SinPo.id/PSSI)

SinPo.id - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dari tamunya, Vietnam pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis, 21 Maret 2023 malam WIB.

Laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu berakhir 1-0 untuk kemenangan Skuat Garuda. 

Gol semata wayang anak asuh Shin Tae-Yong dicetak Egy Maulana Fikri di menit ke-52.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil mengumpulkan empat poin dan naik ke peringkat dua klasmen Grup F dibawah Irak yang mengkoleksi enam poin.

Kedua tim akan kembali bertemu pada leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, Selasa, 26 Maret 2023 mendatang.

Jalannya pertandingan

Di menit awal babak pertama, kedua tim masih meraba-raba kekuatan lawan. Vietnam mengambil inisiatif penguasaan bola. Indonesia sesekali coba melancarkan serangan untuk keluar dari tekanan.

Skuat Garuda mendapat kesempatan pertama dari Rafael Struick di menit ke-32. Menerobos dari sisi kanan pertahanan lawan, dia melepas tembakan yang masih tepat ke arah kiper.

Giliran Sayuri yang mengancam di sisi kiri pertahanan Vientam. Dia coba melepas umpan ke Hokky Caraka, namun umpan silangnya masih bisa dipotong bek Vietnam. 

Di sisa babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong membuat tiga pergantian pemain. Nathan Tjoe-A-On, Yakob Sayuri dan Hokky Caraka ditarik dan digantikan Sandy Walsh, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri.

Masuknya tiga pemain ini mengubah dinamika permainan Timnas Indonesia. Skuat Garuda jadi lebih aktif dalam menyerang. Di menit ke-52 Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui gol yang di cetak Egi Maulana.

Berawalan dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola yang masuk ke kotak penalti berhasil dihalau bek Vietnam. Namun, bola sapuan malah jatuh ke kaki Egy. Tanpa kesulitan Egy menyambar bola menjadi gol. Indonesia unggul 1-0 dari Vietnam.

Sementara itu, upaya tim tamu untuk membongkar lini belakang Indonesia tidak membuahkan hasil. Indonesia mampu menjaga skor 1-0 hingga usai.sinpo

Komentar: