PENYEGELAN SPBU DI TOL JAKARTA-CIKAMPEK

Mendag: Pengelola SPBU Jangan Main Curang

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 24 Maret 2024 | 05:24 WIB
SPBU
SPBU

SinPo.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta pengelola atau pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak main curang. Pernyataan itu disampaikan saat penyegelan tiga dispenser SPBU di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar, Sabtu 23 Maret 2024.

"Jangan main-main. Jangan main curang. Jangan tambah alat, jangan mengakali, merugikan konsumen, karena itu pidana," ujarnya.

Mendag mengecek SPBU 34.41345 di Rest Area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang disegel, karena ditemukan tambahan alat switch di tiga dispenser SPBU tersebut yang menimbulkan kerugian bagi konsumen.

Dari hasil pengawasan, ditemukan dugaan tindak pidana bidang metrologi legal yang terjadi di SPBU wilayah Kabupaten Karawang.

"Apa itu? Pompa ini terpasang ada tambahan (alat), ini tidak boleh. Karena bisa mempengaruhi hitungan (liter BBM yang dikeluarkan)," ujarnya.

Hal tersebut diketahui setelah Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan Indonesia melakukan pengecekan terkait dengan persiapan musim mudik lebaran.

Dia mengaku akan mengecek semua SPBU di seluruh Indonesia. Menurut dia, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, tindakan curang yang mengakali dan merugikan konsumen itu bisa dikenakan sanksi pidana, satu tahun penjara dan denda.




sinpo

Komentar: