Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Berlakukan Sistem One Way Mulai 5 April

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 | 00:09 WIB
Ilustrasi One Way (SinPo.id/istimewa)
Ilustrasi One Way (SinPo.id/istimewa)

SinPo.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mulai berlakukan sekema one way atau sistem satu arah saat arus mudik lebaran 2024, pada 5 April 2024 sekitar pukul 00.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan kepada pemudik maupun pengguna jalan yang menuju ke Jakarta.

"Pasti ada pintu tol yang khususnya arah timur masuk ke Jakarta pasti ada pengalihan di arteri," ungkap Latif Usman kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2024.

“Untuk mengetahui kapan waktunya (one way) dan kembalinya pun akan ada one way juga untuk arus baliknya," tambahnya.

Sementara itu, untuk Jalan Tol dari dan ke arah Merak dan Banten juga akan dilakukan koordinasi oleh pihaknya dengan petugas setempat.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan, khususnya dari arah Merak yang hendak melintasi Jakarta maupun sebaliknya.

"Khususnya ke arah Merak, nanti kami akan membantu dari Banten untuk mengatur istilahnya pengaturan arus di Merak, Banten untuk tidak terjadi penumpukan," tuturnya.

Lebih lanjut, Latif juga mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi maupun untuk para sopir angkutan umum agar memperhatikan kelaikan kendaraan. 

"Harus cek betul rem, ban, spion, sein, apa paun harus disiapkan lebih awal," tandasnya.sinpo

Komentar: