Prabowo Janjikan Persahabatan Mendalam Indonesia dan China

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 03 April 2024 | 01:10 WIB
Twitter/@Kemhan_RI
Twitter/@Kemhan_RI

SinPo.id -  Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto berjanji untuk memperdalam persahabatan negaranya dengan Beijing ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang, Selasa 2 April 2024

Prabowo, yang akan menggantikan Joko Widodo pada bulan Oktober, memilih Beijing untuk kunjungan resmi pertamanya setelah kemenangannya dalam pemilu pada bulan Februari dalam upaya untuk menekankan hubungan kuat kedua negara di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan.

Li mengatakan keputusan Prabowo untuk memilih China sebagai tujuan pertama menunjukkan “persahabatan yang mendalam” antara kedua negara, menurut stasiun televisi pemerintah CCTV.

Prabowo, dikutip CCTV, mengatakan pemerintahan barunya akan mengacu pada pengalaman pembangunan China dan membangun hubungan yang lebih erat dengan China.

Presiden terpilih ini akan menindaklanjuti kunjungannya ke Beijing dengan kunjungan ke Jepang, yang mengindikasikan bahwa Indonesia akan terus mencari jalan tengah antara Beijing dan sekutu-sekutu Amerika Serikat di kawasan, seperti Jepang dan Filipina. [ab/ns]sinpo

VOA INDONESIA
Komentar: