BPIP: IAP Bisa Digunakan Tentukan Metode Pembumian Pancasila

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 05 April 2024 | 04:11 WIB
BPIP
BPIP

SinPo.id -  Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP menggelar kegiatan Monitoring Tindak Lanjut Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) Tahun 2022 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Kota Manado pada Rabu 3 April 2024

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si. membuka dan menyampaikan sambutan dalam kegiatan Monitoring Tindak Lanjut IAP 2022 Provinsi Sulut.

Dalam sambutannya, Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP menjelaskan salah satu amanat dari BPIP yang tercantum dalam Perpres 7 Tahun 2018 tentang BPIP, terkait dengan tugas dari kedeputian yang dipimpinnya.

“Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi mempunyai tugas melaksanakan pengendalian dan evaluasi dalam pelaksanaan kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, di mana salah satu fungsinya yaitu pengukuran pelembagaan Pancasila.” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menguraikan bahwa tugas tersebut kemudian diturunkan ke dalam rencana strategis yang mengamanatkan IAP ke Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP sebagai sarana atau indeks pembumian nilai Pancasila.

“IAP ini bisa membantu kita dalam menentukan metode apa yang digunakan untuk melaksanakan pembumian Pancasila,” tambahnya.

Saat yang bersamaan, Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut, Ferry Jones Sangian, S.Sos., M.AP., mewakili Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi kehadiran BPIP ke Manado dalam rangka Monitoring IAP 2022 Sulut.

Ia juga bersyukur, Provinsi Sulut mendapatkan capaian IAP kategori baik pada 2022, dan berharap capaian IAP yang diperoleh bisa terus ditingkatkan. Target nilai IAP yang telah ditetapkan pada 2022 secara nasional adalah 77.

Dalam rangka meningkatkan aktualisasi Pancasila di Provinsi Sulut, Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan kolaborasi untuk meningkatkan aktualisasi Pancasila di Sulut.

“Ke depan terus terjalin kerjasama dalam rangka menyukseskan berbagai program dan kebijakan yang ditetapkan, lebih khusus dalam tindak lanjut pengukuran indeks aktualisasi Pancasila di Sulawesi Utara.” ujarnya.

Hadir dalam acara sekaligus penyelenggara kegiatan, Plt. Direktur Pengukuran Pelembagaan Pancasila BPIP, Riswan, S.STP., M.Si., Hadir sebagai Narasumber, Direktur Pengendalian BPIP M. Fahrurozi, S.Sos, M.Si. dan Tim Pakar IAP BPIP. Kegiatan juga diikuti Kepala Kesbangpol se-Provinsi Sulut, Camat dan Lurah se-Kota Manado. (AST)sinpo

Komentar: